Akibat munculnya informasi global warming, perlahan-lahan sepeda menjadi tren transportasi baru. Selain itu, banyak orang yang beralih memakai sepeda alasannya yakni lebih sehat dan lebih irit ongkos.

Banyak pula orang yang sampai sekarang masih saja enggan beralih memakai sepeda alasannya yakni aneka macam alasan. Salah satu alasannya yakni alasannya yakni mereka tidak tahu sepeda jenis apa yang harus mereka beli.

Oleh alasannya yakni itu, pada kesempatan kali ini, saya akan mengembangkan ihwal jenis-jenis sepeda yang ada di Bumi. Ada berapa jenis sepeda di bumi?

1. Sepeda gunung

Sepeda gunung yakni sepeda paling tren dikala ini. Penggunaannya yang gampang dan bentuknya yang modern menjadi alasan terbesar mengapa orang-orang lebih menentukan untuk membeli sepeda yang satu ini. Meski begitu, secara fungsional bergotong-royong sepeda jenis ini diciptakan khusus untuk mendaki gunung, bukan untuk acara sehari-hari.

2. Sepeda Lipat

Sepeda lipat merupakan sepeda jenis gres yang popularitasnya sedang naik daun. Sesuai namanya, sepeda lipat yakni sepeda biasa yang bisa dilipat-lipat sampai bentuk paling sederhana. Keuntungannya, sepeda jenis ini sanggup dengan gampang Anda jinjing kemanapun Anda pergi, bahkan Anda sanggup membawanya ke dalam kereta tanpa harus mengganggu kenyamanan orang lain.

3. Sepeda Ontel

Sepeda ontel yakni sepeda pertama yang masuk ke Indonesia. Sepeda ontel yakni sepeda kolonial belanda yang lalu bertransformasi menjadi sepeda rakyat pada tahun 1940-an. Seiring berjalannya waktu, sepeda ini semakin langka. Semakin langka, sepeda renta ini justru semakin dicari alasannya yakni bahannya yang sangat kokoh, bentuknya yang nyentrik, dan kenyamanan yang tinggi. Sekarang, sepeda ontel kembali menjadi tren gres di kalangan masyarakat Indonesia. Orang-orang yang memakai sepeda ontel mempunyai karisma tersendiri dikala menggunakannya.

4. Sepeda BMX

Sepeda BMX merupakan akronim dari Bicycle Moto-Cross. Sepeda ini berukuran sedang dan biasa dipakai untuk atraksi dan untuk pertunjukan.

5. Sepeda Kota

Sepeda kota biasa disebut pula citybike. Sepeda ini berbentuk ibarat sepeda ontel tetapi dengan desain yang diperbarui dan lebih modern. Biasanya bab belakang sepeda ini diisi dengan jok kecil atau bagasi. Sedangkan bab depan biasanya dihiasi dengan keranjang.

6. Sepeda Angkut

Sepeda angkut yakni sepeda yang didesain khusus untuk mengangkut barang. Biasanya, sepeda ini memakai materi yang kokoh dan sangat awet. Salah satu jenis sepeda angkut yang terkenal yakni sepeda kumbang.

7. Sepeda Balap

Sepeda balap yakni sepeda yang dirancang khusus untuk kecepatan. Rantainya berbeda, cara kerjanya berbeda, bahkan desain pengangan (handler) berbeda. Sepeda jenis ini bisa menempuh jarak yang lebih jauh dalam satu kali kayuhan.

8. Sepeda Motor

Sepeda motor yakni sepeda yang bergerak memakai tenaga motor. Sepeda jenis ini juga merupakan salah satu jenis sepeda yang terkenal alasannya yakni dianggap efisien. Meski begitu, sepeda jenis ini tidak mendukung gerakan anti-global warming alasannya yakni emisi gas karbon yang dihasilkan cukup tinggi.

9. Sepeda Mini

Sepeda mini yakni sepeda dengan ukuran kecil. Sepeda jenis ini biasanya dipakai untuk atraksi sirkus atau sulap. Selain itu, ada juga sepeda mini yang biasa dipakai belum dewasa untuk berguru mengendarai sepeda, misalnya sepeda roda tiga.

10. Sepeda Fixie

Sepeda fixie yakni sepeda yang terkenal baru-baru ini. Ya, sepeda ini bergotong-royong merupakan variasi dari sepeda gunung. Hanya saja, sepeda ini mempunyai desain yang lebih modern dan casual. Sepeda ini dirancang khusus untuk anak muda. Satu lagi, ciri khas yang paling menonjol dari sepeda fixie yakni tidak adanya rem tangan. Lantas bagaimana cara mengeremnya? Anda bisa kayuh sepeda ke arah yang berlawanan, gerak sepeda pun akan melamban.

Demikianlah ulasan saya kali ini mengenai jenis-jenis sepeda yang ada di dunia. Anda mau pilih yang mana?

 

Kiriman serupa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *