Bagi sebagian orang, berlibur yaitu hal yang menyenangkan dan merupakan kewajiban bagi semua pekerja. Namun, tidak sedikit pekerja yang tidak mau berlibur dengan alasan “sedang mengejar target”, “ingin sukses lebih cepat”, dan lain sebagainya. Sayang sekali, padahal berlibur itu penting untuk semua pekerja.

Mengapa penting? Beberapa penelitian menyampaikan bahwa berlibur akan memperbaiki kondisi psikologis seseorang. Lantas perbaikan kondisi apa saja yang akan kita peroleh apabila kita rutin berlibur? Mari kita simak pembahasannya:

1. Ada Waktu untuk Keluarga dan Sahabat

Rasanya mustahil apabila Anda berlibur ke sebuah daerah yang indah tanpa ditemani siapapun. Pastinya Anda akan mengajak keluarga Anda atau sahabat Anda supaya liburan terasa lebih menyenangkan. Canda tawa yang Anda lakukan di daerah liburan bersama dengan orang yang bersahabat dengan Anda akan memperbaiki kondisi psikologis Anda. Segala tekanan dan perasaan stres akan hilang dari badan Anda dan Anda akan kembali menjadi orang yang bersemangat.

2. Sehat

Tentu saja, kalau Anda terlalu usang duduk di depan komputer tanpa ada acara fisik, Anda niscaya akan mengalami banyak sekali gangguan kesehatan. Belum lagi udara kota yang penuh dengan polusi menciptakan Anda semakin tidak sehat. Nah, salah satu solusinya yaitu berlibur ke daerah yang indah secara rutin. Selain untuk menggerakkan badan Anda, berlibur ke daerah yang indah juga akan memberi kesempatan pada paru-paru Anda untuk mencicipi udara yang higienis dan sehat.

3. Bekerja Lebih Cepat

Menurut penelitian psikologi, insan hanya sanggup bekerja dengan optimal dalam 35 sampai 50 jam. Lebih dari itu, kinerja seseorang akan terus melambat. Oleh alasannya yaitu itu, supaya Anda sanggup bekerja dengan lebih cepat, usahakan untuk rutin berlibur ke suatu daerah supaya produktivitas Anda meningkat.

4. Semangat

Hal ini sudah pasti. Anda akan menjadi pekerja yang lebih bersemangat usai berlibur alasannya yaitu ketika berlibur otak Anda akan melepas segala kepenatan yang menghambat semangat kerja.

5. Mencegah Gangguan Psikologis

Pernah mendengar dongeng seorang pengusaha yang bunuh diri? Pernah mendengar dongeng artis yang bunuh diri? Mengapa mereka bunuh diri? Ya, alasannya yaitu mereka kurang tertawa dan kurang berlibur. Mereka terlalu menenggelamkan diri dalam pekerjaannya dengan impian karirnya akan meningkat. Sehingga ketika mereka melihat kenyataan bahwa karir mereka tidak bergerak sama sekali, mereka frustasi dan mencoba bunuh diri. Jadi, liburan itu penting untuk mencegah supaya kita tidak terlalu serius dan menenggelamkan diri dalam pekerjaan terlalu lama.

Demikianlah artikel saya kali ini mengenai beberapa alasan mengapa Anda harus berlibur. Semoga bermanfaat, salam Sahabat Inspiratif!

Kiriman serupa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *